Life Style

Semakin Hari Semakin Baik, Siapkan Dana Pensiun Bersama DPLK Manulife! Yuk, Simak Cara Mempersiapkan Dana Pensiun Bagi Freelancer

Siapa sih yang enggak mau muda foya-foya, tua bahagia, mati masuk surga? Dari dulu setiap kali mendengar kalimat itu aku tuh mau banget bisa begitu. Tapi memangnya bisa? Bukannya itu cuma kalimat lucu-lucuan aja?

Tapi makin ke sini aku mulai melihat kalimat itu sebagai kalimat motivasi. Bisa kok. Cuma tetap butuh usaha. Seperti kalau mau mati masuk surga kita harus rajin beribadah, maka untuk tua bahagia juga ada triknya, yaitu punya dana pensiun. Ayo, kalian sudah pada memikirkan soal dana pensiun ini belum?

Belum? Enggak apa-apa, kalian enggak sendiri kok. Menurut hasil survey dari Manulife Investor Sentiment Index baru 14% yang mempunyai dana pensiun untuk masa tuanya. Masih sedikit banget ya. Aku juga termasuk yang belum, tapi sepertinya harus segera mulai memikirkan soal dana pensiun. Kan aku mau tua bahagia, tanpa beban financial.

Kenapa sih kita butuh dana pensiun? Tujuan memiliki dana pensiun yang cukup adalah agar kita mandiri secara keuangan di masa tua. Kita enggak akan pernah tahu bagaimana kondisi kita di masa pensiun nanti. Saat kita sudah tak memiliki lagi pendapatan tetap setiap bulannya.

Tentunya kita mau jadi orang yang mandiri, enggak mau ketika tua nanti jadi merepotkan anak-anak karena harus menanggung biaya hidup orang tuanya. Ada sejumlah resiko yang bisa saja dialami di masa tua nanti, seperti:

1. Resiko sakit-sakitan
Meski ingin bilang amit-amit, enggak mau sakit-sakitan ketika lansia nanti, tapi tetap saja kan kita harus bersiap-siap dengan segala kemungkinan resiko yang terjadi suatu saat nanti. Yang namanya sakit identik dengan biaya berobat yang enggak sedikit. Makanya sebaiknya harus dipersiapkan. Aku enggak mau kalau sampai kesulitan biaya berobat.

2. Resiko terlantar
Baru-bari ini aku membaca kisah tentang seorang ibu yang dititipkan di panti jompo karena kesulitan ekonomi. Sedih sih, tapi juga serba salah. Makanya aku dan suami harus bisa mandiri secara financial sampai saat tua nanti. Jangan sampai merepotkan anak-anak. Kami harus mampu mengurus diri kami sendiri. Syukur-syukur kami bisa menikmati hari tua dengan traveling.

3. Resiko kebutuhan hidup terus meningkat
Sekarang aja namanya biaya hidup terus bertambah. Apalagi ketika 30 tahun lagi, saat menginjak usia pensiun. Selain harga-harga yang mungkin naik, kebutuhan juga pasti terus bertambah. Kebayang saat itu sudah tak ada lagi pemasukan bulanan, dana pensiun akan sangat membantu.

Mungkin bagi kebanyakan orang yang masih berusia 20-40 tahun masih menganggap belum saatnya memikirkan dana pensiun, merasa masih jauh. Tapi kita suka lupa, waktu berjalan tanpa terasa. Jangan sampai tahu-tahu kita sudah semakin mendekati usia pensiun, dan belum punya persiapannya.

Nah, buat yang belum merencanakan dana pensiunnya sekarang ada Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Manulife Indonesia, yuk mulai rencanakan masa tua bahagia, bebas beban financial.

DPLK Manulife Indonesia, Siapkan Dana Pensiun Demi Masa Tua Bahagia

Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Manulife Indonesia merupakan badan hukum yang didirikan oleh PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia untuk mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun berdasarkan landasan hukum dana pensiun yaitu Undang-undang Nomor 11 tanggal 20 April 1992 serta peraturan pelaksanaannya. DPLK Manulife Indonesia telah mendapatkan pengesahan dari Menteri Keuangan, No. KEP-231/KM.17/1994, tanggal 5 Agustus 1994.

Performa DPLK Indonesia tetap bertahan di posisi tertinggi untuk DPLK Multinasional di Indonesia dengan total aset kelolaan DPLK sebesar Rp 21 miliar dan pertumbuhan yang meningkat sebesar 14% dibandingkan tahun sebelumnya. Hingga akhir 2020, program DPLK Manulife Indonesia diikuti oleh lebih dari 570.000 peserta dan 2.300 perusahaan.

Meski dalam kondisi pandemi yang tengah berlangsung sepanjang 2020, DPLK Manulife Indonesia senantiasa berkomitmen menggelar edukasi mengenai pentingnya perencanaan dana pensiun bagi perusahaan atau pemberi kerja secara virtual.

Kegiatan ini merupakan komitmen Manulife Indonesia membantu memudahkan keluarga Indonesia menyediakan solusi perlindungan hari tua guna membantu keluarga Indonesia meraih hidup yang semakin hari semakin baik serta memudahkan mereka dalam mengambil setiap keputusan finansial.

Berkat komitmen DPLK Manulife juga nih, aku jadi tersadarkan sama yang namanya dana pensiun. Kebetulan, Rabu, 15 Desember 2021 kemarin aku berkesempatan mengikuti webinar yang diselenggrakan oleh DPLK Manulife ini. Sebelumnya boro-boro kayaknya aku keingat untuk memikirkan perencanaan hari tua, rasanya masih jauh banget, cuma fokus memikirkan untuk beberapa tahun ke depan saja dulu.

Untung keburu diingatkan deh. Biar bisa mulai dari sekarang mempersiapkan hari tua agar enggak jadi beban buat anak-anak nanti. Kasian kan Ziyad kalau nanti harus menanggung orangtuanya. Padahal dia juga pastinya akan memiliki kebutuhannya sendiri.

Bagaimana Cara Mempersiapkan Dana Pensiun untuk Freelancer

Kalau karyawan perusahaan mungkin dana pensiun mereka sudah disiapkan oleh perusahaan, dengan memotong gaji bulanan. Nah, bagaimana aku yang freelancer? Pastinya aku harus mempersiapkan dana pensiun seorang diri dong.

Sebagai seorang freelancer, penghasilan setiap bulan aku tidak pernah pasti. Untung aja di acara webinar yang kemarin aku hadiri, menghadirkan Karjadi Pranoto, selaku Director & Chief EB and Sharia Distribution Manulife Indonesia, dan Citra Anjelina, Head of Strategy and Transformation Pension Business Manulife Indonesia, sebagai nara sumber. Dan mereka membahas tips cara mempersiapkan dana pensiun untuk freelancer. Pas banget yang aku butuhkan, berikut ini tipsnya:

Tips Cara Mempersiapkan Dana Pensiun Untuk Freelancer

1. Pemasukan memang bervariasi, namun usahakan pengeluaran tetap stabil
2. Hitung kebutuhan masa tua
3. Strategi pengumpulan dana pensiun:
• Instrumen investasi sesuai profil risiko
• Ikut serta dalam program dana pensiun individu DPLK Manulife yaitu MiGolden Retirement
4. Disiplin menyisihkan dana setiap bulan, jika perlu siapkan rekening terpisah khusus untuk Dana Pensiun

Jangan sampai menunggu sudah mendekati usia pensiun baru memikirkan untuk dana pensiun. Mulailah dari sekarang. Karena yang namanya pensiun sudah pasti akan terjadi, tapi pensiun bahagia itu adalah pilihan yang bisa kamu mulai dari hari ini.

Yuk, mulai siapkan dana pensiun kamu. Cari informasi lengkapnya di https://www.manulife.co.id/! Jangan sampai kita jadi beban bagi anak-anak kita di kemudian hari. Jadikan #semakinharisemakinbaik dengan #DPLKManulife

5 Comments

  1. Rindang Yuliani 20 Januari 2022
  2. Witri Prasetyo Aji 20 Januari 2022
  3. Witri Prasetyo Aji 20 Januari 2022
  4. Susindra 20 Januari 2022
  5. Ruli Retno 21 Januari 2022

Leave a Reply

Follow Me on Instagram