Women Talks

Pentingnya Stimulasi Bayi 3 Bulan Untuk Proses Tumbuh Kembang Bayi

Saat mengunjungi salah satu teman lama, aku merasa sangat terhibur dengan tinggah lucu dari putranya yang belum lama lahir. Anak kecil memang punya kekuatan menjadi penghibur ya, uma kedip-kedip mata aja dia udah bisa buat kita yang orang dewasa tertawa gembira, apalagi kalau ditambah gerakan mata genit, duhh lucu sekali.

Saat aku berkunjung putranya Riza -nama bayi itu- baru berusia 4 bulan, Riza masih mengandalkan ASI sebagai asupan makanannya, dan belum diberikan MPAsi menunggu sampai usianya 6 bulan.

Aku sempat ngobrol-ngobrol gimana pengalaman Yola jadi seorang ibu, biasa lah aku suka kepo sama hal yang belum pernah aku coba. Yola bilang hal yang paling penting buat dia adalah menjaga kesehatan bayi dan selalu melakukan pemeriksaan rutin pada dokter dari mulai ia tahu sudah hamil.

Setelah melahirkan, melihat langsung perkembangan si buah hati membuat yola lebih tenang karena bisa melihat secara langsung perkembangan si kecil. Yola dan suaminya pun sering berkonsultasi pada dokter dan pada saudara yang sdah lebih dulu mempunyai bayi. Hal yang baru buat Yola adalah melakukan Stimulasi pada sang bayi.
Stimulasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk merangsang kemampuan dasar anak agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Dari mulai dalam kandungan Yola sering mengajak bayinya ini bicara, mengenalkan banyak hal meskipun bayinya masih belum lahir. Dan saat usianya 3 bulan Yola juga memberikan stimulasi bayi 3 bulan, dengan mengenalkan beberapa hal baru pada Riza.

Sejak usia 2 bulan otot-otot bayi mulai terbentuk, fungsi mata dan telingapun sudah mulai berkembang. Maka mengenalkan secara pelan-pelan hal baru bisa merangsang perkembangan syarafnya.  Contohnya mainan yang lembut, mainan dengan bunyi serta kita ajak bernyanyi.

Saat ini ada lagi satu PR yang harus aku pelajari perlahan-lahan, yaitu mengingat-ingat nama-nama dari putra dan putri sahabat-sahabat dan teman-teman tercinta.

Mungkin bagi sebagian orang ini adalah hal yang mudah, tapi bagiku cukup menantang. Mungkin kalau anaknya sering ketemu aku bisa cepat hafal tapi kalau yang jarang ketemu atau hanya tahu melalui dunia maya saja, cukup lama buatku bisa mengingatnya. Belum kalau yang namanya sulit atau mirip-mirip nama lain.
Kenapa sih memangnya kamu mau mengingat-ingat nama anak-anak dari temen-temen? Buatku ini adalah suatu tanda penghargaan, mengingat seseorang berarti orang tersebut penting bagi aku. Dan buat aku yang pelupa ini harus kerja ekstra buat mengingat informasi mengenai krucil-krucil lucu ini.

One Response

  1. Jonathan Christie 1 September 2018

Leave a Reply

Follow Me on Instagram