Life Style

Tanya Jawab dengan Dokter Kandungan Tentang Tanda Adanya Masalah Pada Kehamilan

Kehamilan merupakan proses pembuahan hingga melahirkan, proses ini dikarenakan sel telur telah dibuahi oleh sperma laly menempel pada lapisan rahim dan menjadi janin.

Kehamilan terjadi dalam waktu 40 minggu dan terdiri atas 3 trimester yaitu trimester 1 terjadi pembentukan struktur dan organ bayi berkembang, trimester 2 tubuh bayi semakin berkembang dan merasakan adanya pergerakan dan trimester 3 dimana bayi telah berkembang seutuhnya.

Kehamilan akan terdeteksi setidaknya 10 hari setelah haid karena keluarnya hormon chorionic gonadotropin. Oleh karena itu saatnya melakukan tanya jawab dengan dokter kandungan dengan mudah melalui Halodoc.

Tanda seorang hamil ada telat hari setelah 5 hari maupun lebih dari tanggal seharusnya. Ibu hamil juga mulai merasakan muntah dan mual di pagi hari walaupun tidak diketahui sebabnya namun sebagai tanda terjadinya perubahan hormon.

Selain itu, memberikan tanda pada bagian payudara dengan puting menggelap dan nyeri selama 1 hingga 2 minggu setelah terjadi pembuahan dan perubahan ini akan terjadi selama hamil dan berhenti ketika ibu melahirkan. Ibu mulai merasakan kram perut karena adanya proses implantasi embrio pada perut bagian sebelah kiri dan perut menjadi kembung karena hormon tubuh berubah sekalipun telah menjaga makanan.


Berikut adalah mitos kehamilan yang tidak boleh didengar:

  • Mitos jika ibu hamil akan mengangkat lengkap melewati kepala maka bayi tercekik hal ini tidak benar karena bayi dalam perut terlilit di bagian tali pusat dan biasanya disebabkan oleh aktif bergerak di kandungan.
  • Mitos mengatakan bentuk perut akan menentukan jenis kelamin dari bayi, faktanya jenis kelamin bayi tidak ditentukan oleh hal tersebut dan hanya diketahui dengan melakukan USG pada dokter kandungan.
  • Mitos mengonsumsi kopi akan membuat bayi memiliki tanda lahir namun faktanya konsumsi kopi 1 hingga 2 cangkir tidak memiliki pengaruh untuk kesehatan hingga perkembangan kulit bayi dalam perut ibu.
  • Mitos jika memiliki bayi perempuan maka akan membuat kulit ibu bermasalah, faktanya pertumbuhan janin dapat menjadi sebab kekeringan karena panas yang berpengaruh dengan gangguan hormonal jadi tidak dapat disangkutpautkan dengan jenis kelamin bayi.

Usia kehamilan dalam 1 bulan menunjukkan bentuk embrio yang sangat kecil dan memasuki usia 2 bulan mengalami pertumbuhan dari bentuk hidung, mata, mulut dan lainnya. Ketika memasuki 3 bulan maka perut ibu mulai besar karena terbentuknya organ vital dan semua tulang dan usia 4 bulan menunjukkan janin sudah mulai bergerak, tidur dan mengeluarkan suara.

Memasuki 5 bulan maka ukuran dan berat janin semakin berkembang dan usia 6bulan ditandai dengan jenis kelamin sudah diketahui, usia 7 bulan tubuh bayi sudah sempurna dan usia 8 hingga 9 bulan memasuki tahap pematangan hingga penyempurnaan untuk keluar.

Berikut adalah masalah kehamilan yang perlu diketahui:

  • Janin tidak bergerak ketika memasuki 28 minggu.
  • Terjadi perdarahan dengan bercak merupakan hal biasa tetapi dalam jumlah banyak artinya lepasnya plasenta dari rahim.
  • Terjadi kram perut terus menerus hingga merasakan sakit pada punggung.
  • Mengalami darah tinggi penyebab pembuluh darah menjadi terbatas dan membuat bayi kekurangan oksigen.

Sebagai ibu hamil maka ketika melakukan USG maka ketahui detak jantung bayi termasuk normal atau tidak. Jika tidak normal maka menandakan plasenta abnormal dimana terjadi masalah di tali pusar bayi. Dengan tanya jawab dengan dokter kandungan di Halodoc berbagai masalah yang mungkin dialami dapat dikonsultasikan tanpa harus bertemu langsung dan lebih cepat ditanggapi.

Leave a Reply

Follow Me on Instagram