Life Style

8 Tata Cara Pendaftaran Kuliah Online di Binus

Pernah enggak sih merasa bimbang ingin melanjutkan kuliah, tapi kondisi sudah bekerja? Aku cerita dikit pengalaman aku dulu ya. Dulu ketika aku merantau ke Jakarta untuk mulai bekerja seusai kuliah, aku membawa mimpi tersendiri, aku harus bisa nabung buat kuliah. Aku kira itu akan mudah, yang penting tabungan aku sudah cukup untuk bayar uang kuliah.

Ternyata enggak semudah itu kuliah sambil kerja. Ada kalanya bentrok jam kuliah dan jam kerja. Kalau sudah seperti itu kan harus pilih salah satu, ya mau enggak mau kuliah pasti yang aku korbankan, kalau mengorbankan kerjaan bisa-bisa dipotong gaji, mengurangi jatah bayar kuliah.

Sebenarnya kuliah itu enggak lama waktunya, paling juga sekitar satu setengah jam saja. Aku bisa ijin ke atasan sebentar. Tapi karena masih harus memakan waktu perjalanan ke kampusnya ya jadi lebih lama.

Kurang lebih seperti itu sih perjuangan kuliah aku dulu. Bukan cuma satu kali kejadian bentrok jadwal gitu. Ini nih salah satu alasan kenapa suka telat lulus. Bukan sekadar karena malas atau enggak bisa membagi waktu, tapi karena memang waktunya bentrok.

Bukan cuma aku kok yang mengalami kejadian seperti ini. Dari beberapa cerita teman-teman yang kuliah sambil bekerja rata-rata pada mengalami hal ini juga. Masalah seperti ini tuh seperti hal yang biasa terjadi bagi kami yang kerja sambil kuliah.

Tapi kalau sekarang mungkin sudah agak berkurang yang mengalami hal itu. Soalnya aku lihat sekarang ini sudah ada beberapa universitas yang membuka kelas kuliah online, bukan hanya kuliah reguler, seperti di Binus.

Kelebihan Kuliah Online

Di masa pandemi sekarang ini, kuliah online pastinya bukan hal yang asing. Hampir semua kegiatan belajar mengajar, bukan hanya di tingkat perguruan tinggi saja, mengubah sistem kegiatan belajarnya menjadi bentuk oline. Seiring waktu berlalu, orang-orang mulai terbiasa dengan kegiatan belajar mengajar online ini, mulai terasa pula kalau ternyata kuliah online bisa lebih efektif.

Alasan Kuliah Online Diminati

Ini nih beberapa alasan kenapa kuliah online jadi lebih diminati:

Waktu belajar fleksible

Dengan mengikuti kuliah online kita jadi lebih leluasa untuk bisa mengikuti perkuliahan di mana saja, kapan saja, selama ada akses internet tentunya. Kalau di jaman aku sudah ada kuliah online seperti ini, mungkin aku bisa lebih cepat lulus. Karena enggak akan ada itu masalah bentrok waktu kuliah dan bekerja.

Hemat biaya

Dari segi biaya, tentunya kuliah online juga akan lebih hemat. Pertama, kita jadi enggak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk berangkat ke kampus. Selain itu biaya kuliahnya sendiri lebih murah dari biaya kuliah reguler. Hal ini dikarenakan kita enggak perlu menggunakan fasilitas kampus, jadi enggak perlu dikenakan biaya tambahan lagi.

Belajar terasa lebih ekslusif

Jumlah mahasiswa yang mengikuti tiap mata kuliah online lebih sedikit dibanding kuliah reguler. Tentunya ini akan membuat kegiatan belajar mengajar terasa lebih ekslusif. Kita selaku mahasiswa lebih leluasa untuk berinteraksi dengan dosen, jadinya enggak ada lagi alasan kurang menangkap materi diberikan.

Materi berupa soft copy

Masih teringat masa kuliah aku dulu, ada beberapa mata kuliah yang materi kuliahnya berantakan karena aku gagal mencatat semua. Maklum, kemampuan menulis tanganku enggak terlalu cepat juga. Beruntunglah sekarang ini teknologi semakin berkembang ya.

Dalam kuliah online, kegiatan belajar mengajar bisa direkam. Materi pun berupa file yang bisa dengan mudahnya didownload. Jangan-jangan kalau aku kuliah online sekarang nilai bisa lebih bagus dibanding dulu.

8 Tata Cara Pendaftaran Kuliah Online di Binus

Kuliah online ini sebenarnya sangat mempermudah terutama yang kesulitan membagi waktu antara kuliah dan kerja seperti aku. Tapi enggak sedikit banyak yang meributkan kegiatan belajar mengajar online yang terjadi di masa pandemi ini dianggap kurang efektif. Kalau menurut aku sih yang bikin enggak efektif karena ketidaksiapannya saja.

Namanya juga pandemi, musibah. Kegiatan belajar mengajar yang seharusnya dilakukan secara tatap muka, malah jadi terpaksa secara daring. Makanya kalau memang ingin bisa kuliah online, sebaiknya memang mendaftar langsung yang memang dasarnya adalah kuliah online saja, bukan kuliah reguler.

Enggak usah khawatir soal program studinya. Seperti kuliah online di Binus ada banyak pilihan prodi yang bisa kamu pilih sesuai minat dan kemampuan, tak beda jauh dengan kuliah reguler. Di Binus Online Learning menawarkan banyak program studi dari berbagai lintas keilmuan, seperti prodi Akuntansi, Sistem Informasi, dan Manajemen Bisnis. Ada yang sesuai dengan minat kamu?

Pendaftaran kuliah online di Binus juga enggak sulit. Mudah banget malah menurut aku. Cukup dalam 8 tahapan saja, kamu sudah bisa menjadi mahasiswa di Binus. Penasaran ya mau tahu tahapannya apa saja? Berikut ini 8 tata cara pendaftaran kuliah online di Binus.

1. Buat akun di Binus Online Learning
2. Booking form dan pembayaran formulir pendaftaran
3. Mengisi formulir pendaftaran
4. Upload dokumen (pas foto, hasil scan KTP dan akta kelahiran, curicullum vitae, hasil scan ijazah dan surat keterangan Hasil Ujuan Nasional untuk tingkat SMA dan sederajat, serta hasil scan surat keterangan bekerja bila sudah bekerja)
5. Melakukan TPKS, ini merupakan tes masuk online
6. Pembayaran dan daftar ulang
7. Orientasi
8. Selamat menikmati hari-hari menjadi mahasiswa

Mudah sekali bukan tahapannya? Dan semua ini bisa kamu lakukan secara online lho. Enggak perlu repot pergi-pergi. Hemat ongkos dan waktu. Sudah siap untuk menjadi mahasiswa baru? Kuliah sambil kerja enggak jadi masalah dengan adanya kuliah online.

Leave a Reply

Follow Me on Instagram