Life Style

Tips Memilih Multivitamin untuk Ibu Muda

Siapa yang suka menjaga kesehatan tubuhnya dengan mengkonsumsi multivitamin? Multivitamin memang salah satu suplemen yang cukup banyak diminati untuk dikonsumsi. Soalnya ada beragam vitamin dan mineral yang terkandung dalam multivitamin yang dipercaya bermanfaat untuk meningkatkan kesehetan tubuh. Masalahnya kadang kita merasa tak cukup bila hanya mengandalkan asupan nutrisi saja, makanya perlu ditambah multivitamin.

Kenapa sih sebaiknya mengkonsumsi multivitamin? Enggak sedikit orang yang enggak menyadari kalau ternyata dirinya selama ini kekurangan gizi. Walaupun enggak parah, tapi kondisi ini tentu saja akan membuat fungsi tubuh terganggu yang lama-kelamaan akan menimbulkan penyakit. Makanya, penting untuk mengkonsumsi mutlvitamin untuk mengimbangi kebutuhan nutrisi harian kita agar badan lebih sehat.

Namun, sebelum mulai memutuskan untuk mengkonsumsi multivitamin, ada beberapa hal yang perlu diketahui terlebih dahulu untuk memilih multivitamin yang tepat. Jangan sampai salah pilih. Apalagi saat ini ada banyak sekali suplemen dan miltivitamin yang bisa di beli di toko online vitamin.

Mengkonsumsi multivitamin itu enggak boleh sembarangan. Pemilihan multivitamin yang akan kita konsumsi harus disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi tubuh kita. Nah, berikut ini beberapa

Hal yang harus diperhatikan saat hendak menentukan multivitamin yang akan kita konsumsi:

Pastikan Mendapatkan Vitamin Dasar dan Mineral

Umumnya semua multivitamin mengandung vitamin dan mineral. Pastikan multivitamin yang akan kamu konsumsi mengandung semua vitamin dasar dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada 12 vitamin dan 13 mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita, seperti vitamin C, B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B6, asam folat (B9), B12, B5 (asam pantotenat), biotin, A, E, D2 atau D3 (cholecalciferol), K, kalium, yodium, selenium, borat, seng, kalsium, magnesium, mangan, molibdenum, betakaroten, dan besi.

Baca Label dengan Teliti

Jangan malas baca nih. Pastikan selalu membaca label pada kemasan terlebih dahulu. Biasanya dalam label yang terdapat pada kemasan terdapat tabel nutrisi yang disertakan dan jumlah yang terkandung dalam setiap porsinya.

Cari yang Ada Nilai Lebih

Sekarang ini ada banyak pilihan multivitamin yang juga mengandung nutrisi tambahan, seperti antioksidan atau formulasi khusus untuk kondisi tertentu. Kebutuhan ibu muda apalagi yang masih menyusui seperti aku tentunya akan berbeda dengan kebutuhan pria. Pilih mutlivitamin yang memang dirancang untuk ibu muda, agar nutrisinya tepat.

Jangan Berlebihan

Biar bagaimanapun, jangan konsumsi multivitamin secara berlebihan ya. Hindari mengkonsumsi multivitamin yang melebihi 100 persen Nilai Harian atau Daily Value (DV) yang direkomendasikan. Karena kalau dosisnya berlebihan alih-alih badan jadi sehat, malah jadi racun bagi tubuh.
Makanya terkadang cukup minum multivitamin satu kali dalam sehari. Atau ikuti petunjuk aturan pakai untuk menghindari dari resiko keracunan.

Nah, itu dia beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan saat hendak menentukan mutlivitamin yang akan dikonsumsi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya. Selalu jaga kesehatan ya.

Leave a Reply

Follow Me on Instagram