Life Style

5 Hal Yang Sering Terlupakan ini, Bisa Mendukung kamu Jadi Blogger Profesional 

Pagi ini aku tergelitik membaca sebuah cuitan di timeline twitter, yang intinya orang tuanya itu inginnya dia jadi PNS, atau kerja di kementerian. Pake acara bandingin pula dengan anak temannya yang sudah bisa membelikan barang hasil dia masuk kementerian.

Memang salah ya kalau orangtua menginginkan anaknya jadi PNS atau kerja di kementerian?? Enggak dong, gak salah. Tetapi alangkah baiknya kalau segala sesuatunya tidak dipaksakan. Anak happy, orang tua pun senang tentunya.

Dan si temen aku ini saat ini berprofesi sebagai freelancer blogger, kurang lebih sama kayak aku.

Pemikiran orangtua yang lahir dan tumbuh sebelum era 80-an memang agak sedikit berbeda dengan kita yang katanya tumbuh sebagai generasi milenial. Banyak sekali profesi yang jadi pilihan untuk mencari nafkah, selain duduk di belakang meja kantoran.
Salah satunya sebagai Blogger atau Content Creator.
Setelah kurang lebih menjalani profesi sebagai Freelancer Blogger, banyak sekali hal yang aku pelajari. Salah satunya bagaimana cara menulis yang baik, dan juga mempromosikan tulisan kita agar banyak di baca oleh orang lain.

Saat kita sudah memutuskan menjadi Blogger Profesional, maka kita harus mengerahkan semua hal untuk mendukung profesi kita ini. Tapi kadang ada beberapa hal orang yang kurang perhatian pada hal-hal kecil yang padahal sangat berpengaruh untuk mendukung blog kita menjadi Blogger Profesional.

Apa saja sih Hal-hal yang bisa mendukung kita menjadi Blogger Profesional ??

5 Tips Untuk Menjadi Blogger Profesional Yang Sering Terlupakan

1. Pilih Alamat Blog Sesuai Niche Blog
Alamat blog memang suka-suka si pemiliknya sih mau namain apa, tapi bagi yang ingin serius dengan blognya , disarankan memilih alamat atau nama blog sesuai dengan niche yang akan dipilih, agar konsisten dan lebih mudah terbaca oleh mesin pencari.

2. Gunakan Template Blog Yang Clean
Saat Blogwalking aku masih sering menemukan template blog yang menggunakan template bawaan blog tanpa diubah sedikitpun tampilannya. Ada pula yang ramai sekali tampilannya, segala macam widget dipasang.

Balik lagi sih itu semua pilihan si pemilik blog, tapi alangkah lebih baik untuk tampilan blog menggunakan tamplate yang clean dengan tulisan yang jelas dan pasang widget yang perlu saja.
Banyak kok penyedia template yang free bagi blogspot maupun wordpress.

3. Mencantumkan Sosial Media dan Kontak

Tips menjadi blogger profesional

Kamu punya blog baguuuuus pake buangeet, lalu ada klien yang suka dengan blog kamu, lalu ingin bekerjasama. Tapi eh tapi tapi, kamu tidak mencantumkan akun sosial media ataupun email yang bisa dihubungi. Lalu si klien tadi gimana caranya amu hubungin kamu gaes.
So jangan lupa ya tautkan akun sosmed dan cantumkan kontak yang jelas di tampilan blog kita.

4. Belajar SEO
Ini mungkin akan sedikit membutuhkan effort lebih, karena kita harus belajar ilmu baru. Tapi yakinlah SEO ini tidak serumit Pe er matematika saat sekolah dulu, yang sampai harus remidi berulang-ulang. Buat sugesti SEO is Fun and I will do it.
Kenapa sih Teh harus belajar SEO? nulis mah nulis aja, gak usah repot-repot mikirin SEO.

Eehmmm… 1jam…. Jadi gini, seperti case mencantumkan sosial media tadi ya. Kita punya tulisan baguus banget, informasinya lengkap, ilmunya jelas, foto-fotonya bagus, pokoknya mantap surantap, top markotop deh. Tapi tulisann itu hanya berhenti di kamu aja, karena gak ada orang lain yang akses karna keterbatasan penyebaran informasi, kan sayang ya.

Nah SEO ini lah yang nantinya membantu kita untuk menyebarkan tulisan kita tanpa kita harus selalu share tulisan, dan kemungkinan hanya teman di lingkaran pertemanan kita saja yang tahu.

Dengan menggunakan kata kunci yang tepat semoga tulisan kita bisa ditemukan oleh orang-orang yang memang membutuhkan info yang ada didalam tulisan kita.

5. Kartu Nama


Kartu nama ini masih jadi Pe er aku juga nih, soalnya aku belum punya design yang tepat untuk menggambarkan prsonal branding aku. Ada sih model yang aku suka, waktu itu terinspirasi dari kartu pos yang aku terima dari seorang teman di bandung, tinggal edit dikit deh nanti.

Mau tidak mau aku harus segera membuat si kartu nama ini, agar saat kita datang ke suatu acara lalu bertemu dengan orang baru kita bisa saling bertukar kartu nama. Pastinya di kartu nama tersebut harus tercantum data kita secara lengkap, agar orang lain gampang mencari informasi tentang blog kita.

Naah.. ini dia 5 hal penting yang bisa menunjang kita menjadi blogger profesional, semoga dengan memenuhi hal-hal tersebut kita bisa menjadi blogger yang lebih sukses lagi yaa.

25 Comments

  1. Aldhi Fajar 11 Januari 2019
  2. kening_lebar 11 Januari 2019
  3. Akarui Cha 11 Januari 2019
  4. Nengsih Hariyanti 11 Januari 2019
  5. Puspita Yudaningrum 11 Januari 2019
  6. Maman Achman 11 Januari 2019
  7. Lidha Maul 11 Januari 2019
  8. Dian Ravi 12 Januari 2019
  9. Zefy Arlinda 12 Januari 2019
  10. Enychan 12 Januari 2019
  11. ainun 12 Januari 2019
  12. Peri Hardiansyah 12 Januari 2019
  13. Ira Sufa 12 Januari 2019
  14. Jiah 12 Januari 2019
  15. April Hamsa 12 Januari 2019
  16. Rhoshandhayani KT 12 Januari 2019
  17. Oky Maulana 12 Januari 2019
  18. Fandhy Achmad Romadhon 12 Januari 2019
  19. Rani Yulianty 12 Januari 2019
  20. Dian Farida Ismyama 12 Januari 2019
  21. Achmad Humaidy 12 Januari 2019
  22. Fenni Bungsu 13 Januari 2019
  23. Gita Siwi 13 Januari 2019
  24. Eni Martini 14 Januari 2019
  25. Tukang Jalan Jajan 14 Januari 2019

Leave a Reply

Follow Me on Instagram