Women Talks

Turn Back Time Memory Saat Awal NgeBlog

“Seandainya waktu bisa diulang, bagian masa yang mana yang akan kamu pilih untuk di ulang, dan apa yang ingin kamu lakukan pada masa itu?” 

Apabila tiba-tiba teman-teman diberikan pertanyaan seperti ini, apa yang sekiranya menjadi jawaban teman-teman? Aku yakin pasti jawabannya berbeda-beda, bahkan mungkin ada yang menjawab tidak perlu mengulang masa apapun, karna hidupnya sudah sangat sempurna, bagaimanapun itu.

Aku sendiri apabila mendapat pertanyaan seperti itu, dengan pemikiranku yang lemot yang lama banget kalo ngambil keputusan, ternyata banyak banget masa yang ingin aku ulang. Banyaaak banget.
Tapi dasar aku anaknya cengeng, kalo bicara tentang masa yang sudah lalu mau itu hal sedih atau bahagia semuanya punya efek yang sama, sama-sama bikin basah ujung-ujung mata. Maka dari itu, aku males banget kalo bicara tentang masa yang sudah silam.
Tapi karna enchanting ladies punya tema “Turn Back Time”, bukan “Turn Back Crime” ya sist.
Dengan segenap jiwa aku melawan rasa malas, yang akhir-akhir ini levelnya semakin meningkat. Rasa malasku rasa-rasanya sudah hampir level dewa, ya dewa malas, tapi mana ada dewa malas, alasan saja kau mud.
Aku akan cerita sedikit tentang pengalaman saat awal aku berkenalan dengan blog dan akhirnya memutuskan untuk menjadi blogger. Tapi yakin deh ini ceritnya gak seru, gak memorable apalagi menginspirasi, jauuh sist. 
Jadi awalnya aku punya temen sekolah yang sudah lebih dulu aktif ngeblog, temenku ini sering share artikel-artikelnya di berbagai media sosialnya miliknya, dan lama-lama aku tertarik buat nanya-nanya tentang caranya ngblog, alhamdulillahnya temen aku ini welcome banget orangnya, mau gitu ngeladenin pertanyaan aku yang bener-bener dari Nol tentang blog. 
Sebenarnya aku malu sama almamater kuliah, kenapa, karna aku ngambil jurusan sistem informasi tapi cuma blog aja aku buta gak ngerti sama sekali. Boro-boro ngerti cara dapetin uang dari blog, cara buat akunnya aja akubgak bisa, hallah, mau apa sih tau nya kamu, ini itu gak ngerti. 
Saat semester awal padahal aku dapat tugas untuk membuat blog, memang tidak wajib membuat blog ada beberapa opsi salah satunya buat blog. Kebetulan tugas ini dibuat perkelompok sehingga aku yang waktu itu kuliah sambil kerja menyerahkan tugas tersebut ke temen kelompok, aku tau beres, tinggal ikut presentasi aja, dan baiknya mereka mau cantumin nama aku di makalah. 
Duh kalo inget masa-masa kuliah, aku jadi merasa bersalah karna gak 100% bisa fokus pada pelajaran, ini bukan alasan yaa, tapi sungguh saat itu kerjaanya cukup menguras tenaga dan pikiran, makan gak teratur, kurang tidur kadang cuma tidur 3-4 jam doang setiap harinya.
Balik lagi ke cerita awal ngeblog. Akun pertama yang aku buat sekitar akhir 2014 dengan alamat blog mudrikahstories.blogspot.com itupun dibantu sama temen, tapi bukan temen aku yang tadi, karna kami tinggal beda kota jadi agak susah buat praktek langsung.
Seneng dong akhirnya bisa punya akun blog, saat itu aku memilih blogspot, alasanya karna si temen yang ngajarin aku juga pakai blogspot, kalo aku pilih wordpress atau flatform yang lain dan suatu saat ada problem, matilah awak tak ada yang bantuin nantinya.
Langkah-langkah selanjutnya yang aku lakukan berdasarkan instruksi si mastah blogger temenku itu adalah aku buat tulisan sebanyak mungkin, sebenernya semangat awalnya buat nulis cerita pengalaman saat ke Bunaken, tapi sampai sekarang tulisan itu gak di publish di blogku ini, tapi insya alloh aku akan ceritakan di blog baruku nanti. 
Jadi ada beberapa hal yang disarankan temenku sebagai blogger pemula :

✔ Baca tulisan di blog lain, untuk rekomendasi
Blog pertama yang aku baca ya pastilah blognya dia, selain rajin nulis tulisannya pun bagus-bagus, terbukti dia sering memenangkan blog competition. Nah ini dia alamat blog temenku yang diambil dari namanya sendiri : www.handdriati.com cuma huruf D nya double, kalo aslinya cuma satu. Silahkan berkunjung kalo ingin tau lebih dekat dengan tulisan-tulisannya.
✔ Buat tulisan sebanyak mungkin
Saat itu aku bingung, sewaktu dijelaskan ada niche blog dan disarankan kita bisa memilih salah satu niche yang sesuai sama passion kita. Alamak nulis aja aku bingung memilih dan memilah kata yang sekiranya gak bikin orang yang baca sakit mata, ini haus mikirin niche blog,penatlah kepala. Kemudian dia kasih solusi karna kesiaj kali ya baca chat temennya yang ngenes banget, bau mau mulai nulis tapi kek dibebanin gitu. Nah jadilah dia bilang gak papa tulis aja apa yang kamu mau tulis, soal gaya bahasa, niche tulisan, banyak pembaca atau enggaknya, nanti seiring berjalannya waktu kita akan menemukan passion kita sendiri. Okelah aku nulis aja apa yang aku bisa. 
✔ Gabung dengan komunitas Blogger
Ternyata blogger juga ada komunitasnya, dan gak cuma satu dua, ternyata banyaaak pemirsah. Komunitas pertama yang aku ikuti adalah KEB kumpulan emak blogger kemudian BP Blogger Perempuan. Untuk join komunitas ini aku gak ada alasan khusus memilih dua grup ini, ini semata-mata murni karna saat buka Facebook kedua grup ini yang muncul diberandaku, mungkin karna aku berteman sama handriati dan dia join juga di komunitas tersebut sehingga si Fb nyaranin aku buat ikutan join.

Dan waktu itu aku gak ngerti harus ngapain, aku songong banget mana gak ngenalin diri, abis di approved diem aja jadi silent reader, bukan karna sombong sist bukan, mana ada sih aku sombong wkk, jadi aku ceritanya mau mengamati kalo di komunitas itu kayak gimana kebiasaanya, takutnya aku rusuh ganggu. Ternyata setelah cukup lama join komunitas aku punya banyak teman baru, pastinya yang satu passion blogging. Dan pertemanan di media sosial pun meningkat drastis, aku syok pemirsa waktu itu.

Dan berkat gabung dikomunitas ini lah, aku bisa ikut beberapa acara blogger gathering,  menambah kenalan dan juga mendapatkan job tulisan untuk blog. 

✔ Design Template Manual
Ini yang seru nih, aku type orang yang culamit, tau gak culamit itu apa? Sesuatu seperti perasaan kepengen kalo ngeliat barang punya orang lain, tapi bukan klepto ya. Jadi semenjak aku baca-baca blog orang, selain tulisan yang aku perhatiin ada banyak template blog yang mencuri perhatian. Dalam hati ini kok bagus-bagus banget sih templatenya, terus ada yang foto profilnya pake bunga-bunga disampingnya, mana ada juga tulisan yang gerak-gerak kayak animasi. 
Mulai lah lagi aku chat si temenku, minta ajarin buat template, nah karna dia design sendiri templatenya jadi dia kasih tau aku artikel-artikel tentang tutorial design template dan mempercantik tampilan blog. Di blog han-han (panggilanku pada temenku) juga ada kok tutorial blog cukup lengkap untuk para pemula kayak aku. Saat libur kerja aku semangat banget dong buat utak-atik template blog, dan girang banget saat bisa berhasil. Nah lama-lama hayati lelah, malas banget utak-atik lagi template. 
Dan baru tau lah aku kalo si hanceu mulai buka jasa pembuatan template, aku minta dibuatin lah template buat blogku, aku memilih design yang aku suka dan yeeay dapet bonus dibuatin header blog juga.. Hhee
Setelah tau caranya beli template secara online, mulailah aku punya hobby baru yaitu jajan template, suka aja coba-coba tampilan baru untuk blog. 
✔ Beli Domain (Top Level Domain) 
Ini nih yang gak kalah penting, beli domain blog. Semakin lama ternyata banyak penawaran kerjasama tulisan, tapi rata-rata syarat yang diberikan adalah blognya gak boleh yang gratisan, lah ini punyaku masih berakhiran blogspot.com , tapi aku belum ada rencana buat beli domain karna merasa aku masih jarang update tulisan, sayang ah harus ngeluarin biaya lagi, tadi kan pertama udah beli template. Akhirnya Per 1 September 2015 akun mudrikahstories.blogspot.com resmi berubah menjadi www.mudrikah.com, girang tak terkira. 

✔ Blogwalking
Tadi di awal aku buat blog, temenku nyaranin banyaknbaca blog orang buat rekomendasi. Nah di tengah – tengah perjalanan ngeblog kok orang-orang meributkan tentang DA/PA, apalagi nih pikirku. Aku nanya lagi lah, dan dijelasin bahwa salah satu penilaian untuk blog yaitu melihat dari Domain Authority dan Page Authority yang disingkat DA/PA. Aku cek lah DA/PA blog ku berapa dan hal yang mencengangkan terjadi nilai nya 1/1 wkkk, ini yakin babarblas selama setahun aku ngblog nilainya satuuuu mulu gda peningkatan. 
Nah aku disuruh rajin blogwalking dan meninggalkan url blog di kolom setelah kolom komentar. Alhamdulillah semakin lama ada perubahan, meskipun sampai sekarang masih kecil nilainya terakhir aku cek 21/32, kata temen yang udh cukup lama ngblog, seharusnya kalo aku rajin update tulisan dan Bw seharusnya bisa bisa lebih Bagus dari itu, tapi segitu aja udah uyuhan bisa naik, aku udah seneng banget. Anaknya gak kompetitif, nerimo aja. Dan sekarang aku udah punya dua blog yang keduanya sudah TLD, tapi masih koma, belum aktif tulisannya.. Hhe
Nah mungkin ini ceritaku tentang proses ngeblog, dan semakin lama ternyata semakin menyenangkan, meskipun sekarang isi tulisanku hampir penuh sama sponsored post, disatu sisi senang dapat tambahan buat jajan tapi disisi lain, kok ya aku gak produktif banget buat nulis tulisan sendiri. 
Semoga tulisan ini menjadi pengingat dan penyemangat, mengingatkan bagaimana proses membangun satu blog yang gak gampang, butuh meluangkan energi, waktu dan biaya. Penyemangat untuk terus belajar dan berkarya dengan tulisan di blog.

Terima kasih Yaa Alloh sudah memberikan jalan untuk mencoba di dunia blog ini. 

Special thanks to Handriati, yang udah sabar banget ngajarin aku sampai sekarang. 
Baca juga yaa tulisan temen-temenku yang lain tentang “Turn Back Time”

22 Comments

  1. handriati doank 26 Januari 2018
  2. Rhoshandhayani KT 26 Januari 2018
  3. Desi 26 Januari 2018
  4. Dian Safitri 29 Januari 2018
  5. ben benavita 9 Februari 2018
  6. Peri Hardiansyah 9 Februari 2018
  7. Rindang Yuliani 9 Februari 2018
  8. Unggul Sagena 9 Februari 2018
  9. zefy arlinda 9 Februari 2018
  10. Lendy Kurnia Reny 9 Februari 2018
  11. April Hamsa 10 Februari 2018
  12. unizara dotcom 10 Februari 2018
  13. Liza Fathia 10 Februari 2018
  14. Ali Muakhir 10 Februari 2018
  15. Jiah 10 Februari 2018
  16. Rani Yulianty 10 Februari 2018
  17. sally fauzi 10 Februari 2018
  18. Dikki Cantona Putra 10 Februari 2018
  19. Oky Maulana 10 Februari 2018
  20. Widya Herma 10 Februari 2018
  21. dony prayudi 10 Februari 2018
  22. Nova Violita 10 Februari 2018

Leave a Reply

Follow Me on Instagram