Women Talks

Asuransi Brilliance Hasanah Maxima, Wakaf Pasti Kini dan Nanti

Setiap manusia pasti ingin berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan, karna tertanam dalam benak kita apa yang diajarkan sejak kecil yaitu kalau mau masuk surga harus jadi orang baik, dan yang jahat nanti masuk neraka.
Dan dalam islam ada hadist yang mengatakan setelah meninggal maka putuslah amalan anak adam, kecuali 3 hal, yaitu : Sedekah jariyah, anak yang Soleh dan ilmu yang bermanfaat.
Sedekah jariyah bisa kita lakukan dengan beberapa cara salah satunya mewakafkan harta kita untuk kepentingan orang-orang yang membutuhkan.
Kata wakaf atau waqf berasal dari bahasa Arab, yaitu Waqafa berarti menahan atau berhenti atau berdiam di tempat atau tetap berdiri. Wakaf dalam Kamus Istilah Fiqih adalah memindahkan hak milik pribadi menjadi milik suatu badan yang memberi manfaat bagi masyarakat (Mujieb, 2002:414)

Wakaf sendiri sangat identik dengan memberikan tanah atau bangunan sebagai wakaf, padahal masih banyak dari harta kita yang bisa diwakafkan seperti wakaf uang.

Ditinjau dari potensinya, Badan Wakaf Indonesia (BWI) memperhitungkan potensi wakaf di Indonesia mencapai angka Rp180 triliun. Namun pada 2017, total penghimpunan dana wakaf baru mencapai Rp400 miliar.

 

Padahal, jika dikumpulkan dan dikelola dengan baik, objek wakaf dapat dimanfaatkan sebagai investasi strategis dalam upaya menghapuskan kemiskinan dan menangani ketertinggalan di bidang ekonomi, pendidikan, hingga kesehatan. Pemahaman masyarakat yang menganggap bahwa objek wakaf hanya terbatas pada tanah atau bangunan (wakaf tidak bergerak),

Asuransi Brilliance Hasanah Maxima Dari Sunlife Indonesia

Pada tanggal 6 Agustus 2018 PT Sunlife Indonesia meresmikan Asuransi Brilliance Hasanah Maxima. Saat acara hadir Ibu Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life.

Beliau menyampaikan, “Beragam fasilitas yang kami hadirkan melalui produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima, merupakan bukti komitmen kami dalam memberikan layanan dan asuransi berbasis syariah yang lengkap, serta membantu masyarakat dalam menjalankan ibadah wakaf secara berkala. Produk ini diharapkan dapat menjadi sarana penggalangan dana (fund raising) melalui fitur wakaf berkala yang menyalurkan dana wakaf sejak pembayaran premi pertama. Selain mengandung nilai kebaikan, dana wakaf juga memberikan kontribusi bagi pembangunan negara”.

Kehadiran manfaat wakaf pada produk asuransi syariah dari Sun Life, khususnya produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima memfasilitasi masyarakat untuk tidak lagi menunda melakukan ibadah wakaf , karena ternyata banyak sekali manfaat dan hikmah wakaf yang bisa membantu banyak pihak yang membutuhkan .

Dalam mengelola penyaluran dana wakaf yang diterima, Sun Life bekerjasama dengan lembaga pengelola aset wakaf (nazhir) terpercaya yaitu Badan Wakaf Indonesia, Dompet Dhuafa, Rumah Wakaf, dan 174 lembaga yang terdaftar di Badan Wakaf Indonesia (BWI).

Sebagai salah satu mitra pengelola wakaf terpercaya, Dompet Dhuafa menyambut baik amanah serta kerja sama yang terjalin dengan Sun Life. Saat ini Dompet Dhuafa memiliki jaringan rumah sakit berbasis wakaf di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya Rumah Sakit Dhuafa AK Medika Sribhawono di Lampung Timur.

Gagasan Sun Life dalam memberikan fitur wakaf bagi pemegang polis syariah juga memperoleh dukungan DSN-MUI. Melalui manfaat yang berlaku untuk semua produk asuransi syariah ini, peserta asuransi kini dapat mewakafkan manfaat asuransinya hingga 45% dari santunan asuransi dan 30% dari manfaat investas dari polisnya. Adanya batasan maksimal tersebut sesuai dengan fatwa DSN-MUI. Berdasarkan fatwa tersebut, manfaat investasi harus tetap dapat dinikmati oleh ahli waris.

Dengan adanya asuransi brilliance hasanah maxima ini bisa memudahkan warga masyarakat yang akan melakukan wakaf, dengan asuransi brilliance hasanah maxima wakaf lebih pasti kini dan nanti.

Leave a Reply

Follow Me on Instagram