Wisata Sehari ke Cirebon, Ini Triknya !!

Wisata sehari ke Cirebon, ini Triknya. Akhir-akhir ini rasanya penat sungguh menusuk-nusuk dalam relung kalbu, menghentak-hentak tajam diluar nalar akal sehat. Ada apa dengan pikiran yang selama ini sungguh-sungguh aku jaga kewarasannya ? Tak akan habis rasanya kata-kata yang terlontar saat cercauan kegalauan menelikung setiap jalan pikiran. 
Jujur akhir-akhir ini aku seperti kehilangan semangat yang membuat setiap aktivitasku seperti tidak terkontrol, perkataan  yang tidak terkontrol, sikap yang buruk, perangai yang jelek pun tak.bisa tehindarkan, entahlah kenapa, seolah ingin diberikan jawaban mungkin kurang piknik. 

Mau jalan-jalan diseputaran jakarta gak ada ide, pengen ke luar kota tapi waktu gak memungkinkan. Tapi Bosan dengan obyek wisata di kotamu serta tidak memiliki cuti yang panjang untuk berlibur ke luar kota, bukan berarti kita tidak bisa merealisasikan rencana liburan. 
Kita bisa mencari cara untuk tetap berwisata dan menghilangkan penat dengan mengunjungi kota lainnya yang dekat dengan lokasi kota tempat kita berada. Mengunjungi kota-kota tetangga bisa menjadi alternatif pilihan. Bahkan wisata tersebut tidak perlu memakan waktu yang lama, hanya cukup satu hari, biar gak ngabisin tenaga.

Kalian tau kan Cirebon itu lhoh kota dengan julukan kota udang, mengunjungi kota Cirebon adalah salah satu solusi yang bisa kita lakukan ntuk menghabiskan waktu berlibur. Jarak kota yang tidak jauh dari wilayah Jabodetabek, membuat kota Cirebon menjadi pilihan yang tepat bagi warga ibu kota untuk menghabiskan waktu berlibur yang sangat singkat. 
Sumber: adityaaputri22.wordpress.com

Kota yang masuk dalam provinsi Jawa Barat ini kini sudah lebih mudah dijangkau. Melalui kehadiran tol Cipali atau menggunakan jasa kereta api, para pelancong sudah bisa mencapai kota ini hanya dalam waktu tiga jam. Siapapun sudah bisa dengan mudah menginjakkan kaki di kota Cirebon, tanpa membutuhkan waktu yang lama. 
Nah, jika kamu ingin mencoba menjajal wisata kota Cirebon selama satu hari, ada baiknya kamu mempersiapkan segala hal sebelum keberangkatan. Apa saja yang perlu kamu persiapkan? Simak ulasan berikut ini :

1. Transportasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kita bisa mencapai kota Cirebon dengan dua cara, yakni menggunakan kendaraan pribadi melalui tol Cipali, atau dengan jasa kereta api. Jika kamu tidak memiliki kendaraan pribadi atau tidak ingin lelah selama perjalanan akibat mengemudi, opsi perjalanan dengan kereta sangat tepat untukmu. 
Kita bisa menggunakan transportasi massal ini menuju Cirebon dari beberapa stasiun di ibu kota, seperti Stasiun Pasar Senen atau Stasiun Gambir. Kedua stasiun ini menyediakan banyak stok kereta api menuju dan dari Cirebon. 
Tiket kereta api menuju dan dari Cirebon bisa kita beli secara langsung di stasiun atau membelinya secara online seperti di situs web Traveloka Cara reservasi tiket kereta api online di Traveloka tidaklah sulit. Kita hanya perlu mengetikkan nama stasiun asal dan stasiun tujuan Cirebon, dan pilih waktu keberangkatan dan kepulangan yang sesuai dengan keinginanmu.

Ada baiknya kamu berangkat sebelum pukul 08:00 WIB dan pulang setelah pukul 15:00 WIB. Dengan begitu kita bisa melakukan eksplorasi lebih lama di kota ini. Satu kali keberangkatan biasanya akan memakan waktu hingga tiga jam lamanya.

Kamu bisa memilih Stasiun Pasar Senen untuk keberangkatan lebih awal dan Stasiun Gambir untuk kepulangan lebih sore. Jika menggunakan kereta api, kamu harus mengeluarkan kocek sekitar Rp140 ribu – Rp180 ribu untuk sekali keberangkatan. 

2. Lokasi Wisata

Setibanya di kota Cirebon, jangan lupa untuk mengunjungi tempat-tempat wisata fenomenal di kota ini. Sekadar berwisata ke Keraton Kasepuhan Cirebon bisa menambah wawasan kamu akan sejarah kota ini.

Tak hanya ke keraton yang kental akan unsur agama dan budaya, kamu juga perlu mengunjungi Desa Batik Trusmi di kota ini. Ya, Kota Cirebon sangat terkenal dengan batiknya yang khas. Itulah mengapa, tak lengkap rasanya jika kamu tidak melihat langsung seperti apa kain batik dari kota ini. Kita bisa mencapai lokasi Batik Trusmi kurang dari 30 menit dari Stasiun Cirebon.
Di sana, kita bisa mendapatkan puluhan penjual kain batik yang menjajakan beragam motif kain batik di toko-toko yang tertata apik. Jika kamu ingin membeli salah satunya, siapkan dana sekitar Rp20ribu hingga Rp6 juta, ya. 

3. Kuliner

Sudah menghabiskan hampir setengah hari berkunjung ke tempat wisata di kota Cirebon, jangan lupa untuk menikmati kuliner khas kota ini. Kita bisa dengan mudah menemukan para penjual empal gentong di kota ini. That’s why kamu sangat perlu mencoba satu di antaranya. 
Empal gentong adalah salah satu makanan khas Cirebon yang kelezatannya sudah tidak diragukan lagi. Campuran daging dan kuah yang nikmat akan sangat tepat jika kamu mencobanya langsung dari kota asalnya. 
Sebelum kembali ke kota asal, kita juga bisa membeli beberapa buah tangan dari kota ini. Aneka kerupuk seperti Kerupuk Melarat atau Kerupuk Kulit bisa kamu beli di beberapa toko oleh-oleh yang tersedia di pinggiran jalan kota Cirebon. Selain itu, jangan lupa juga membeli terasi udang atau tape daun yang ada di kota ini, ya. 
Nah, itulah tiga hal yang bisa kita perhatikan sebelum memutuskan berwisata satu hari ke kota Cirebon. Dengan mempersiapkan ketiganya, kita tentu akan mendapatkan pengalaman wisata yang menyenangkan.

Jadi, kapan nih kita akan berangkat ke kota cirebon?

Leave a Reply

Follow Me on Instagram