Yuk, Kunjungi 6 Tempat Wisata Paling Populer di Banjarmasin

Hallo tidak terasa ya sekarang udah musim masuk sekolah lagi, ahh gak nyangka adeku udah gede, udah masuk SMA sekarang. Tapi buat temen-temen yang masih menikmati liburan, atau mungkin baru mau liburan?? 

Jadi saat liburan kita bisa dimanfaatkan untuk berkunjung ke tempat wisata instagrammable. Dua hal bisa didapatkan sekaligus di sana, yakni kenyamanan dan foto dengan lanskap menarik. Pastinya, hasil jepretan itu layak nangkring di feeds media sosial kita.

Di Banjarmasin, banyak kawasan rekreasi yang memenuhi kriteria tersebut. Tidak ada salahnya kalau kita memasujannya sebagai salahsatu tujuan wisata kita. Yuk, intip enam tempat wisata instagrammable di Kota Seribu Sungai!

1. Danau Biru Pengaron
Bekas tambang di Kabupaten Banjar ini disulap menjadi danau berwarna biru nan menawan. Mulanya, kawasan tersebut berupa cekungan. Ketika hujan turun, air di dalamnya bertambah banyak. Lambat laun, terbentuk telaga kebiruan yang dikelilingi tebing-tebing hijau.

(sumber : zianarmy.blogspot.com)

Danau Biru Pengaron dapat ditempuh dengan berkendara selama kurang lebih 2 jam dari Banjarmasin. Sebelum masuk ke sana, kita harus melintasi jalur tambang yang cukup terjal. Mungkin melelahkan, tetapi akan terobati tatkala tiba menyaksikan panorama mengagumkan.

2. Pulau Samber Gelap
Meskipun letaknya cukup jauh dari pusat Kota Banjarmasin, keindahan Pulau Samber Gelap mampu melenyapkan penat. Kawasan ini memiliki pantai berpasir putih dengan air laut yang jernih. Beberapa penyu hidup secara natural di sana. Pengunjung bisa melihat spesies tersebut dari dekat.

Transportasi ke Pulau Samber Gelap tergolong mudah. Dari Kota Banjarmasin, Anda bisa naik bus sampai ke Terminal Stagen Kotabaru. Kemudian, mencari angkutan umum yang bertujuan ke pelabuhan. Tiba di sana, pengunjung harus menumpang speed boat atau perahu dengan perjalanan selama 3-4 jam.

3. Pulau Kembang
Berlokasi di Kabupaten Barito Kuala, Pulau Kembang dapat ditempuh dengan berkendara selama 45 menit. Kawasan wisata ini menyuguhkan ratusan kera, rawa-rawa, dan panorama hutan tropis. Sepanjang area rekreasi terdapat jembatan kayu untuk melintasi tanah rawa. Biasanya, kawanan kera berjejer atau bergelantungan di sekitarnya.

(sumber : indonesiakaya.com)

Tarif tiket masuk ke Pulau Kembang tergolong murah. Untuk wisatawan domestik, cukup membayar Rp5.000 per orang. Sementara, turis asing harus mengeluarkan Rp25.000. Murah banget yaa.

4. Jembatan Barito
Jembatan Barito membentang di atas Sungai Barito, Kalimantan Selatan. Panjangnya mencapai 1.100 meter dengan lebar 200 meter. Kawasan ini berjarak 15 km dari Kota Banjarmasin atau 30 menit perjalanan.

Sebenarnya, Jembatan Barito bukan tempat wisata. Namun, keindahannya mampu menarik perhatian wisatawan untuk singgah sejenak dan berfoto di sana. Katanya hasil jepretan terbaik bisa kita dapatkan saat senja tiba.

5. Danau Seran
Sebagai kota air, Banjarmasin memiliki banyak telaga, salah satunya Danau Seran. Awalnya, kawasan ini merupakan daerah tambang. Namun, sudah lama tak dipakai. Hingga akhirnya berubah menjadi destinasi wisata yang menawan.

(sumber : okezone.com)

Air Danau Seran tergolong bening. Di dasarnya terdapat rerumputan. Kita bisa menyusuri danau dengan naik sepeda bebek. Jika ingin menyeberang ke pulau kecil, tersedia perahu atau kelotok. Biaya sewanya sekitar Rp5.000 per orang

6. Bukit Matang Kaladan
Bukit Matang Kaladan belum banyak dijamah wisatawan. Untuk menuju ke sana, kita harus menempuh perjalanan 1,5 jam dari Kota Banjarmasin. Medannya terjal dan didominasi tanjakan curam sehingga harus waspada.

Dari Bukit Matang Kaladan, tampak bentangan air Danau Riam Kanan. Warnanya membiru dikelilingi perbukitan hijau. Namun, memasuki kawasan ini tidak gratis. Anda harus mengeluarkan kocek Rp10.000, sudah termasuk tarif parkir.

Berpetualang di kawasan wisata sekitar Banjarmasin tidak cukup hanya sehari. Apalagi jika pengunjung berasal dari luar Pulau Kalimantan, kayak aku tentu membutuhkan penginapan. Soal itu, Airy Rooms sudah menyiapkan solusinya berupa hotel murah di Banjarmasin.

Hanya dengan mengeklik situsnya, melihat daftar tempat menginap, dan memilih booking, kamar berfasilitas lengkap sudah bisa kita nikmati.

Fasilitas tersebut terdiri dari tempat tidur yang nyaman, televisi layar datar, perlengkapan kamar mandi, dan pastinya pendingin ruangan (AC). Tak perlu bingung dengan cara membayarnya. Kita bisa memiilih, mau transfer ATM, tarik dari kartu kredit,  atau lewat gerai Indomaret. Semuanya bisa, hanya di di Airy Rooms.

Leave a Reply

Follow Me on Instagram