Life Style

3 Perbedaan Rawat Inap dan Jalan Ini Patut Diperhatikan Sebelum Mengambil Asuransi!

Saat ini banyak sekali jenis Asuransi kesehatan yang menawarkan beberapa perlindungan yang bisa kita pilih, perlindungan yang biasanya ditawarkan adalah rawat inap ataupun rawat jalan. Sebelum memutuskan untuk memilih asuransi yang mengcover rawat inap maupun rawat jalan sebaiknya kita mengetahui perbedaan keduanya terlebih dahulu sehingga saat memilih produk asuransi kesehatan tersebut benar-benar tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Apa aja sih perbedaan dari rawat inap dan rawat jalan yang penting buat kita  perhatikan, yuk kita bahas sama-sama:

Lokasi

Perbedaan yang pertama adalah lokasinya. Yang namanya rawat jalan perlindungan bisa dilakukan di rumah namun tetap dalam pengawasan dokter. Pasien hanya disuruh untuk kontrol ke rumah sakit dan di bawah pengawasan dokter yang sama untuk melihat bagaimana perkembangan dari pengobatan yang dilakukannya. Pasien yang menjalani rawat jalan bisa kembali ke rumahnya dengan mengonsumsi obat yang telah diresepkan oleh dokter sebelumnya. Sedangkan rawat inap adalah perawatan yang mengharuskan pasien untuk menginap di rumah sakit dengan jangka waktu tertentu, bisa sebentar dan bisa lama tergantung dengan penyakitnya.

Faktor Penyebab

Dokter akan memutuskan untuk rawat jalan jika melihat penyakit pasien tersebut bisa diatasi dengan obat-obatan saja dan pengawasan bisa dilakukan secara tidak langsung. Selain itu penyakit yang diderita tidak dianggap seserius penyakit pasien yang dirawat inap.

Sedangkan dokter akan memutuskan pasien untuk rawat inap dikarenakan alasan yang kuat salah satunya adalah kondisi penyakit pasien sudah berbahaya dan membutuhkan penanganan dengan segera. Jika terlambat diatasi ditakutkan penyakitnya bertambah parah.

Selain itu pasien yang harus rawat inap ini harus diawasi oleh dokter maupun tenaga medis lainnya selama 24 jam penuh dan hal tersebut tidak akan bisa dilakukan jika pasien berada di rumah. Namun ada juga pasien yang seharusnya rawat inap meminta rawat jalan atas permintaan sendiri dengan catatan dokter tidak mau menanggung jika ada hal buruk yang menimpa pasien.

Biaya

Perbedaan rawat inap dan jalan yang menonjol adalah biayanya. Biaya rawat inap ini lebih mahal dibandingkan dengan rawat jalan. Oleh sebab itu jika ingin menjadi nasabah asuransi kesehatan pilihlah yang mengkhususkan rawat inap. Penyebab biaya rawat inap lebih besar dikarenakan ada beberapa biaya yang ditanggung seperti biaya kamar, biaya infus dan peralatan medis, visit dokter, dan lain sebagainya.

Biaya-biaya tersebut akan terus bertambah selama pasien masih di rawat inap di rumah sakit tersebut. Bahkan setelah menjalani rawat inap pun ada perawatan lanjutan yang harus dijalani yaitu kontrol untuk memastikan jika kondisi pasien sudah benar-benar bagus.

Rawat inap dan rawat jalan memiliki keuntungan masing-masing. Keuntungan rawat inap adalah perawatan lebih maksimal dan juga ada pengawasan dari dokter dan tim medis selama 24 jam penuh, sedangkan rawat jalan lebih praktis dan tidak serepot saat melakukan rawat inap. Dengan mengetahui perbedaan rawat inap dan jalan tersebut diharapkan kita semakin tahu seperti apa produk asuransi yang ingin kita pilih dan ambil.

Leave a Reply

Follow Me on Instagram