Life Style Traveling

Tips Travelling dengan Kereta Api

Kereta api merupakan transportasi yang paling efektif dan juga diminati karena bisa menghindari kemacetan. Selain itu harga tiket kereta api juga lebih terjangkau sehingga banyak yang menggunakan kereta api sebagai transportasi ketika berlibur maupun mudik. Ketika berangkat dengan kereta api, kamu tentu harus mempersiapkan beberapa hal. Simak tips traveling dengan kereta api!

Tips Travelling dengan Kereta Api

1. Rencanakan Jadwal Perjalanan Jauh-jauh Hari

Tahukah kamu jika tiket kereta bisa dipesan jauh-jauh hari kurang lebih dua hingga tiga bulan sebelumnya? Jadi, kamu bisa melakukan pemesanan tiket apabila dalam waktu dua hingga tiga bulan ke depan ingin bepergian. Apalagi jika tiket kereta sedang dalam masa promo, kamu bisa menghemat pengeluaran, bukan? Yuk pesan tiket kereta kamu sekarang.

Selain itu, pemesanan tiket kereta jauh-jauh hari juga dapat membuat kamu bebas memesan kursi yang paling strategis serta bisa mengurus beragam hal lainnya sebelum waktu keberangkatan tiba. Waktu yang luang itu juga bisa kamu gunakan untuk kegiatan lain. Kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan tiket kereta api karena sudah memesan lebih dulu. Persiapkan segalanya agar kamu tinggal berangkat sesuai jadwal yang telah kamu tentukan.

2. Hindari Pemesanan Tiket Saat Peak Season

Meskipun kamu disarankan untuk melakukan pemesanan tiket kereta jauh-jauh hari, tapi lihatlah kondisinya saat itu karena jangan sampai kamu memesan saat peak season. Ketika peak season, harga tiket akan melambung tinggi sehingga kamu butuh biaya tambahan untuk pembelian tiket kereta. Peak season adalah waktu di mana pelancong sedang ramai-ramainya. Akhir tahun, libur panjang Natal hingga libur lebaran juga termasuk peak season.

Oleh karena itu, kamu harus pintar membaca situasi ketika ingin memesan tiket kereta. Hindari peak season karena kamu akan tekor dengan harga tiket keretanya. Tidak ada salahnya jika kamu menunggu sedikit lebih lama untuk pesan tiket. Biasanya peak season tidak berlangsung lama.

3. Identitas Lengkap

Ketika kamu bepergian ke mana saja, identitas tetap diperlukan karena kita hidup di negara yang memiliki aturan. Jika kamu lupa membawa identitas maka bisa berakibat fatal. Ketika pemeriksaan tiket juga kamu membutuhkan identitas yang lengkap. Kesamaan tiket kereta yang telah kamu pesan dengan identitas kamu tentu tidak boleh berbeda sehingga dianggap sangat penting.

travelling

Kamu bisa membawa identitas di dalam dompet maupun tempat aman lainnya sehingga tidak mudah hilang, tapi gunakan tempat yang mudah kamu raih ketika diperlukan. Apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, kamu bisa menggunakan identitasmu sebagai petunjuk alamat rumah. Intinya identitas itu penting dan jangan lupa untuk dibawa ke mana saja kamu pergi.

Baca Juga : Rekomendasi tempat wisata kuliner di bogor

4. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Pakaian yang nyaman ketika dikenakan juga penting karena di dalam kereta kamu bisa beristirahat sembari menunggu waktu tiba di tempat tujuan. Ada sebagian orang yang sama sekali tidak memikirkan penampilan ketika naik kereta karena mereka hanya ingin merasakan kenyamanan di dalam kereta, bagi mereka kenyamanan adalah yang paling utama. Tapi kenakan juga pakaian yang sesuai untuk bepergian.
Asalkan kamu tidak salah kostum ketika naik kereta, semuanya bebas. Perjalanan menggunakan kereta api cukup menarik karena kamu akan melewati beberapa pemandangan. Penumpang kereta bahkan menggunakan waktu perjalanan tersebut untuk menjernihkan pikiran makanya pakaian yang dikenakan juga tidak terlalu ribet. Senyaman kamu saja, jangan terlalu dipaksakan untuk rapi maksimal.

5. Bawa Makanan dan Berbagai Benda yang Menghibur

Nah, ini juga penting. Ketika kamu melakukan perjalanan menggunakan kereta maka berbeda dengan bus yang bisa berhenti untuk membeli makanan dan cemilan. Lebih baik bawalah makanan atau cemilan. Selain itu kamu juga menyiapkan beberapa film untuk ditonton saat perjalanan yang kadang-kadang membosankan.

6. Cek Ulang Barang Bawaan

Tips ini juga tidak kalah penting, apalagi jika kamu berangkat berlibur yang memakan lebih dari dua hari di tempat tujuan. Barang bawaan harus lengkap dan tentunya banyak. Jika seperti itu maka jangan pernah lupa untuk cek ulang barang bawaan agar tidak hilang. Sebaiknya juga jangan gunakan hand carry untuk mengemas barangmu.

Gimana udah siap untuk traveling ??!! Yuk !

6 Comments

  1. Dunia Faisol 19 Oktober 2019
  2. Dirham 25 Oktober 2019
  3. marfa 25 Oktober 2019
  4. unggulcenter 25 Oktober 2019
  5. Fania surya 25 Oktober 2019
  6. Pertiwi Yuliana 26 Oktober 2019

Leave a Reply

Follow Me on Instagram