Beauty Talks Life Style Skin Care

Manfaat Centella Asiatica yang Ada pada Produk Skincare

Manfaat Centella Asiatica yang Ada pada Produk Skincare. Ada yang pernah dengar nama tanaman Centella asiatica? Sepertinya sekarang sudah tidak asing lagi ya, terutama di di industri produk kecantikan.

Centella asiatica atau daun pegagan juga dikenal dengan nama Gotu Kola adalah tanaman liar yang sering digunakan untuk obat tradisional.

Umumnya tanaman ini hidup didaerah tropis dengan penyebaran daerah yang luas (mencakup dataran tinggi maupun dataran rendah) diantaranya Indonesia, Tiongkok, jepang, Australia, India, dan Amerika Serikat.

Secara umum, Centella asiatica berbentuk seperti ginjal dengan tepian bergerigi dengan cabang batang yang banyak. Tumbuhan ini juga memiliki bunga yang dapat berwarna putih maupun merah muda serta buah-buah kecil yang berbau harum.

Dalam kesehatan, tanaman ini bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, membantu menyembuhkan TBC, serta meningkatkan kesehatan mental yang diolah menjadi racikan jamu atau dikonsumsi dalam bentuk kering. Ekstrak dari tanaman ini banyak digunakan sebagai campuran dalam produk perawatan wajah.

Daun pegagan mengandung saponin, flavonoid, phenolic acid, dan terpenoid. Zat-zat tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan wajah, sehingga tanaman ini digunakan untuk produk kecantikan atau skincare. Selain itu, manfaat centella asiatica dapat dilihat sebagai berikut:

Manfaat Centella Asiatica :

1. Mencegah dan Menyembuhkan jerawat

Senyawa glikosida madekosida pada daun dan tangkai tanaman Centella asiatica berfungsi sebagai anti-flamasi. Selain itu, tripenoid juga dapat mempercepat penyembuhan luka bekas jerawat secara efektif. Jika digunakan secara rutin, dapat mengurangi jerawat dan memudarkan noda bekas jerawat.

manfaat centella asiatica

Sumber: info-menarik.net

2. Menjaga kelembapan kulit

Ekstrak daun pegagan dapat meningkatkan kadar minyak alami kulit (sebum) sehingga menyebabkan kelembapan dan elastisitas kulit tetap terjaga. Saponin mampu mempertahankan air lebih lama pada kulit dan mencegah penguapan air dari lapisan epidermis di kulit. Tanaman ini cocok untuk kulit sensitif yang sering mengalami gatal, iritasi, hingga kemerahan. Kalau kulit kita lembab make up flawless untuk kulit sawo matang pun akan mudah ngblend nya.

3. Mencegah dan mengurangi kerusakan kulit

Penuaan dini umumnya disebabkan oleh paparan radiasi sinar UV (ultraviolet) matahari dan polutan (asap rokok dan asap kendaraan), serta pola hidup yang tidak sehat. Anti oksidan yang terkandung dalam tanaman ini seperti flavonoid dan phenolic acid yang berfungsi untuk mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan penuaan dini.

Tanaman ini juga mengandung asiaticoside dan madecassoside yang berfungsi untuk meningkatkan kadar kolagen untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. Selain itu, tanaman ini juga mampu mengembalikan kesegaran kulit.

4. Mengurangi peradangan

Saponin juga dapat memberikan perlindungan pada kulit, dan meredakan iritasi kulit dengan cara menghambat sel-sel yang memicu peradangan. Berdasarkan penelitian, manfaat Centella asiatica yaitu dapat meringankan gejala penyakit tertentu, seperti dermatitis, scleroderma, psoriasis, serta eksim atopik.

5. Mempercepat penyembuhan luka

Tripenoid mampu mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, kandungan zat aktif dalam Centella asiatica dapat meningkatkan produksi kolagen dan menunjang pembentukan pembuluh darah dan sel kulit baru.

6. Mengatasi permasalahan kulit

Komponen senyawa anti bakteri pada tanaman ini menyebabkan mampu mengurangi masalah kulit seperti rasa gatal dan alergi. Selain itu, juga dapat mengurangi peradangan hingga mengatasi pembuluh darah yang pecah.
Pada produk korea, biasanya diberi label “cica” untuk menunjukkan adanya Centella asiatica didalamnya. Meskipun demikian, tidak semua orang cocok dengan produk skincare yang mengandung tanaman ini. Beberapa orang juga mengalami alergi atau dermatitis setelah menggunakan produk tersebut.

Jadi sebelum menggunakan produk, terlebih dahulu aplikasikan di lengan untuk tes alergi. Jika mengalami gatal, kemerahan pada kulit dan rasa terbakar, segera hentikan pemakaian produk. Agar lebih aman, Jangan lupa untuk konsultasi ke dokter sebelum menggunakan produk skincare tersebut.

 

5 Comments

  1. Ruli retno 4 Oktober 2020
  2. lendyagasshi 4 Oktober 2020
  3. Susindra 4 Oktober 2020
  4. Nurul Fitri Fatkhani 4 Oktober 2020
  5. Khoirur Rohmah 4 Oktober 2020

Leave a Reply

Follow Me on Instagram